MEKANISME PEMBACAAN LJK DI OMR DAN DMR

Proses pembacaan LJK pada OMR :

Nyalakan OMR, letakkan LJK pada input hopper. Sheet guide dirapatkan sesuai dengan ukuran lebar LJK (Jika LJK tidak diatur menggunakan sheet guide dan posisinya tidak tepat, bisa jadi OMR mengalami kemacetan saat bekerja). Status proses akan dimunculkan pada panel operator seperti layar telefon genggam. Untuk memulai proses pemindaian (scan), push button switches di sebelah kiri harus ditekan terlebih dahulu hingga muncul prompt ready. Proses scan terjadi pada transport bed, kemudian LJK akan keluar dan tertumpuk pada output stacker. Sementara pada panel operator akan menampilkan status scan. Peletakan LJK pun harus benar, tidak boleh terbalik yaitu timing marks harus pada sisi yang sama dengan panel operator.

Proses dapat dihentikan dengan menekan push button switches di sebelah kanan. Di bagian sheet guide terdapat garis batas maksimum tumpukan LJK dalam satu kali proses koreksi. Biasanya tumpukan form tidak lebih dari 200 lembar, karena OMR bisa macet jika tumpukan berlebih.

Pada OMR, sinar infra merah yang diarahkan pada LJK tidak akan direfleksikan jika mengenai pilihan jawaban yang dihitamkan dengan pensil. Perangkat lunaklah yang berperan untuk mencocokkan posisi jawaban dengan informasi pada LJK. Informasi jawaban apa saja yang akan diproses perangkat lunak, didefinisikan pada file definisi form. File ini mendefinisikan posisi kolom atau baris jawaban relatif terhadap skunk marks dan timing marks, tipe jawaban seperti angka numerik atau abjad, serta cara baca form yaitu horisontal atau vertikal.

Sekarang kita lihat proses pembacaan LJK menggunakan DMR :

Nyalakan Scanner, letakkan LJK pada feeder atau tray. Rapatkan sheet guide sesuai dengan lebar LJK
Pilih Template LJK (pada program DMR), Pilih jenis scanner yang digunakan. Tekan Scan, LJK yang sudah ter-scan akan keluar dari bagian bawah scanner dan tertumpuk dengan otomatis. Pada sistem pemeriksaan dengan DMR peletakan LJK tidak menjadi masalah (terbalik/miring) DMR akan secara otomatis mengkoreksinya sehingga akan terbaca dengan baik. Pada tipe scanner tertentu tumpukan lembar LJK bisa mencapai 500 lembar (www.rumahsanner.com) tanpa harus khawatir akan menimbulkan kemacetan kertas (paper jam) pada scanner.

Pada DMR, sistem pembacaan adalah tingkat kehitaman, sehingga tidak selalu harus bulatan hitam, tanda silang ataupun titik hitam bisa diambil sebagai jawaban, dengan DMR tingkat kehitaman (sensitivitas) dapat diatur sesuai dengan keinginan. Begitulah kira-kira proses pembacaan LJK oleh OMR dan DMR.

11 Responses to “MEKANISME PEMBACAAN LJK DI OMR DAN DMR”

  1. deny daniel says:

    saya punya scaner dari netis media
    apa dalam pegoprasianya harus mengunakan sofware atau tidak
    kalou pake sofware punya atau tidak, dan berapa harga sofwarenya

  2. AYU PRAHADITA says:

    THANXS YA…….
    SAYA JADI NGERTI PERBEDAAN OMR &DMR….
    TAPI GIMANA MEKANISME NYA JIKA PADA LJK TERJADI CACAT SEPERTI BASAH???
    APAKAH JIKA SUDAH KERING BERMASALH JUGA??

  3. ricky says:

    @ deny daniel :
    pada prinsipnya software yang kami jual bisa dipasangkan dengan scanner apa saja, asal memiliki twain driver. Adapun untuk informasi harga visit :http://www.digitalmarkreader.com/product-support/product-packages/paket-umum-3.html

    @Ayu Prahadita :
    LJK akan masih bisa dibaca, tinggal dikeringkan saja, tapi jangan sampai dibasahin sendiri aja 🙂

  4. rini says:

    apakah kertas netis media bisa dibaca juga?

  5. ricky says:

    @ Rini: Sangat bisa,

  6. rojolele says:

    Mo nanya yang sangat penting nih,, kemarin kan ikut un, trus saya nulis kode soal semisal A pake pensil di ujung atas lembar jawaban….ngaruh ga sih pas discanner nanti???Kalo sampe kena yang item-item itu gimana?

    Mohon dijawab ya, soalnya ini penting banget, pertaruhan hidup saya,huhu..

  7. ricky says:

    @ Rojolele : Setiap teknologi memiliki toleransi yang berbeda, kalau teknologi yang digunakan adalah teknologi DMR, permasalahan yang anda alami tidak akan berakibat apa-apa terhadap jawaban anda di LJK, karena di DMR ada toleransi sensitivitas tingkat kehitaman tertentu.

  8. Purna says:

    Mow nanya nich,, waktu ini aq kan ikt un, trus krtasnya ada yg sdkit terkelupas di deket no peserta, kira2 sebesar diameter pensil lah, tapi ngga kena yg dihitemin.. Kira2 dibaca ga dengan scannernya? Aq sdkit was2 jadinya. Tkut ga kebaca..

  9. Trist says:

    Scanner apa saja yang bisa digunakan untuk DMR?

  10. ricky says:

    @ Trist : Semua merek scanner yang memiliki twain driver.

  11. Arif Rahmat says:

    Selain memiliki TWAIN driver, syarat untuk scanner yang akan digunakan untuk DMR juga perlu diuji kualitas, ketahanan dan frekuensi paper jam-nya ketika digunakan untuk ratusan bahkan ribuan lembar per hari. Artinya, lebih baik memilih scanner yang sudah dipaketkan dengan DMR karena sudah teruji oleh tim DMR.

    Ada beberapa tipe scanner yang tidak direkomendasikan, dari merk yang terkenal maupun merk tidak terkenal. Hal ini tidak dipublikasikan untuk menjaga citra merk tersebut. Oleh karena itu, pilihlah scanner yang sudah dipaketkan dengan software DMR untuk jaminan kualitas yang terbaik.

Leave a Reply