Satu DMR Untuk Semua

Seiring berjalannya waktu teknologi pun semakin berkembang pesat. Produk produk baru bermunculan membanjiri pasar. Masyarakat Indonesia sekarang tidak hanya cenderung konsumtif tetapi juga produktif dan jika harus dibandingkan dengan masyarakat dari negara lain, masyarakat kita juga tidak kalah produktif . Dewasa ini Handphone sudah menjadi satu kebutuhan, jika dulu di indonesia Handphone merupakan sebuah barang mewah sekarang berubah menjadi barang yang dipegang sebagian besar masyarakat di negara ini. Beberapa perusahaan terkemuka semakin marak dalam mengadakan pengembangan dalam rangka mencapai target pasar.

Perkembangan teknologi tidak hanya terjadi di dunia industri saja namun dewasa ini dunia pendidikan juga tengah diramaikan oleh munculnya software software berbasis “mark reader”. OMR merupakan merek yang lebih dulu dikenal oleh masyarakat dan para staff pendidik, namun kini telah hadir berbagai macam alternatif software sejenis dengan fitur yang lebih canggih. Masing masing software memiliki keunggulan tersendiri, ada yang mampu membaca tanda silang, ada yang mampu membaca LJK terbalik, dan berbagai macam keunggulan lainnya. Di Indonesia, formulir isian berupa kertas yang akan diolah dengan komputer dan pemindai lebih dikenal sebagai Lembar Jawaban Komputer (LJK). LJK tersebut dapat berupa form OMR, form DMR, atau form bebas tipe. LJK biasanya digunakan untuk ujian berbentuk pilihan ganda, kuesioner, formulir registrasi dan pendataan. Penggunaan LJK sebagai pengganti entri data secara manual dapat mempercepat pengolahan data. Kecepatan tersebut juga sangat ditentukan oleh kecepatan pemindai kecepatan perangkat lunak yang digunakan.

Bila dibandingkan dengan sistem pengisian ujian/registrasi/pendataan on-line pada ratusan hingga jutaan peserta, penggunaan LJK masih lebih optimal karena dapat menghemat kebutuhan penyediaan komputer. Istilah LJK dapat menimbulkan pengertian yang kurang tepat atau ambiguitas. LJK bukanlah lembar yang berisi jawaban komputer, tetapi LJK adalah lembar jawaban yang akan diperiksa menggunakan alat bantu berupa komputer dan software pendukung. Dari sekian banyak format LJK yang beredar, hanya DMR-lah yang bisa digunakan untuk membaca form dari software lainnya, artinya DMR bisa membaca semua form LJK. (RAN)

Leave a Reply